Saleh Husin Ungkap Niat Awal Jokowi Kunjungi Pulau Rote

KUPANG, NTTONE.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Jokowi dan Ibu Negara, Ny. Iriana tiba di Ba’a, Rote, Senin (8/1/2018) sore dan bermalam di pulau paling selatan di Indonesia.

Sebelumnya, pada waktu yang berbeda, Jokowi sudah melawat ke tiga pulau terluar Indonesia, yaitu Sabang, Miangas dan Merauke.

Saat berada di Rote, Jokowi menyempatkan diri menikmati keindahan Pantai Nemberala.

Dengan bersendal jepit, Jokowi menuju bibir pantai kemudian masuk laut dan membasuh muka dengan air laut.

Agenda utama Jokowi berada di Rote, yakni memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Nasional Bara JP Tahun 2018 (Barisan Relawan Jokowi Presiden).

Presiden Joko Widodo saat membasuh tangan dan muka di Pantai Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/1/2018).
Presiden Joko Widodo saat membasuh tangan dan muka di Pantai Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/1/2018). ((Fabian Januarius Kuwado))

Sebelum ke Rote, Jokowi mampir di Kota Kupang. Presiden membagikan Kartu Indonesia Pintar, memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Kupang dan menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat.

Kunjungan Jokowi ke Rote diapresiasi mantan Menteri Perindustrian yang adalah putra Rote, Saleh Husin.

Saleh Husin ikut mendampingi Jokowi selama di Rote. Ditengah kesibukannya di Jakarta, Saleh Husin menyempatkan diri demi kampung halamannya.

“Pertama apresiasi setinggi-tingginya kepada Jokowi yang meluangkan waktu berkunjung ke Rote,” ucap Saleh Husin yang menghubungi Pos Kupang.com via telepon, Selasa (9/1/2018) malam.

Saleh Husin berharap kunjungan Jokowi membawa dampak positif pembangunan ekonomi dan lainnya di Rote.

Dia menyebut salah satu dampak dari kunjungan Jokowi di Rote, yakni dengan kehadiran Jokowi di Rote pemberitaan luar biasa.

Presiden Joko Widodo saat berjalan di Pantai Nemberala, Rote Ndao, NTT, Selasa (9/1/2018).
Presiden Joko Widodo saat berjalan di Pantai Nemberala, Rote Ndao, NTT, Selasa (9/1/2018). ((Fabian Januarius Kuwado))

Dengan pemberitaan media massa, lanjut Saleh Husin, semakin banyak orang tau tentang Rote, termasuk turis mancanegara.

“Dampak industri pariwisata dengan pemberitaan masif salah satu tujuannya agar turis mengetahui Rote. Apalagi Presiden nginap di kawasan pantai Nembrala,” ujarnya.

Lebih lanjut Saleh Husin mengungkapkan awal mula ketertarikan Jokowi mengunjungi Rote.

Managing Director Sinar Mas Group ini menuturkan, ketika masih menjadi Menteri Perindustrian, pada suatu kesempatan Ia bersama Menteri PUPR dan Menteri Kesehatan mendampingi Jokowi mengunjungi Palu.

Dalam penerbangan dari Palu menuju Marowali, ketika di atas helikopter, Saleh Husin menyampaikan ke Jokowi agar mengunjungi Rote.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTT, Frans Lebu Raya berada di Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang, Selasa (9/1/2018).
Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTT, Frans Lebu Raya berada di Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang, Selasa (9/1/2018). (pos kupang/edi hayon)

“Ijin pak Presiden, bapak sudah mengunjungi ujung barat dan timur, kemarin ujung utara Miangas. Ada satu pulau paling selatan Indonesia belum dikunjungi, yaitu Pulau Rote. Saya sampaikan kayak gitu. Waktu itu pak Presiden respon, oh itu kampungnya pak Menteri. Nanti kita atur waktu,” kenang Saleh Husin.

Menurut Saleh Husin, pembiacaraan dia dan Jokowi mengenai Rote terjadi sekitar Mei 2015 atau 2016.

Jokowi akhirnya mengunjungi Rote, bertepatan dengan kegiatan Bara JP.

“Bertepatan dengan kegiatan Bara JP di Rote, beliau akhirnya mengunjungi Rote. Presiden pertama yang menginjakkan kaki di Rote,” ujarnya.

Saleh Husin menambahkan sehari sebelum berangkat ke Rote, ia bertemu Jokowi di acara kawinan anaknya pak Aksa Mahmud.

Pada kesempatan itu, Saleh Husin menyampaikan akan menjemput Jokowi saat tiba di Rote.

“Sebagai putra daerah, saya bangga sekali. Kunjungan Presiden kebanggaan sebagai putra Rote. Kunjungan ini berdampak bagi Rote,” kata Saleh Husin sembari menambahkan akan menyampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla agar mengunjungi Pulau Rote.

Presiden Jokowi meninjau kawasan bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, Selasa (9/1/2018).
Presiden Jokowi meninjau kawasan bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, Selasa (9/1/2018). (pos kupang/edi hayon)

Mantan anggota DPR RI dari Fraksi Hanura ini mengatakan, dia sempat menyampaikan kepada beberapa menteri koleganya yang ikut mendampingi Jokowi agar senantiasa memperhatikan pembangunan di Rote.

“Saya sampaikan ke menteri kolega saya, salah satunya pak Basuki (Menteri PUPR) agar menambah pembangunan jalan lintas selatan, menambah lagi embung-embung sehingga Rote tidak kekurangan air saat musim kering.”

Kepada Menteri Pendidikan, Saleh Husin meminta agar memperhatikan sarana pendidikan, termasuk pengadaan buku dan peralatan laboratorium.

“Rote harus mendapat perhatian pemerintah,” katanya. (Pos Kupang) 

Related Posts
Memburu Bayi Tak Bertuan Asal Flores
JAKARTA, NTTONE,COM - Hanya ada satu petunjuk  tentang identitas bayi dalam secarik kertas dari Nakertrans Ende :  Bayi dilahirkan di Johor Baru Malaysia. Ibunya bernama Maria, seorang buruh migran ilegal ...
READ MORE
Remaja Berusia 18 Tahun Ini Membuat Teori Relativitas Enstein Menjadi Mudah Dimengerti
NTTONE.COM — Siapa yang tidak pernah mendengar nama besar Albert Enstein? Di antara kita pun sudah pasti sering mendengar teorinya yaitu tentang relativitas. Meskipun begitu, tidak banyak di antara kita ...
READ MORE
e-KTP yang Ada ‘Habis Masa Berlaku’ Tak Perlu Diaktivasi Lagi
JAKARTA, NTTONE.COM — Beredar pemberitahuan di media sosial tentang aktivasi e-KTP yang ada habis masa berlakunya. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merasa perlu meluruskan adanya berita tersebut. "Ditjen Dukcapil Kemendagri sudah melakukan ...
READ MORE
Ingin Cepat Kuasai Bahasa Asing? Terapkan Metode Ini
JAKARTA, NTTONE.COM — Belajar bahasa asing tidak sesusah yang dibayangkan kebanyakan orang karena manusia dibekali Tuhan kemampuan untuk itu. Hanya perlu metode yang benar agar mampu menguasainya dengan baik. “Bahasa yang dipelajari ...
READ MORE
2 Warga NTT Tewas karena Keracunan Kepiting
KUPANG, NTTONE.COM — Sebanyak 10 warga Desa Naikean, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diduga keracunan kepiting laut. Sebanyak 2 dari 10 korban keracunan meninggal dunia. Adapun korban meninggal atas ...
READ MORE
Pesan Ojek ‘Online’ Gadis Ini Tak Menyangka Bertemu Ayahnya yang 10 Tahun Terpisah. Begini Kisahnya!
NTTONE.COM — Seorang remaja bernama Salma Zuhara(17) mengungkapkan rasa haru saat bertemu lagi dengan ayahnya yang 10 tahun tak berjumpa. Pertemuan tak sengaja itu terjadi saat Salma memesan ojek online dan ternyata ...
READ MORE
Bupati TTU Penuhi Panggilan Polda NTT Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik
KUPANG, NTTONE.COM — Bupati TTU, Raymundus Fernadez memenuhi panggilan dariPolda NTT terkait dengan laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh Eusebio Hornai Rebelo dan dan Raymundus Loin. Raymundus Fernandez yang ditemui halamanPolda ...
READ MORE
Aneh, 14 Anggota Polisi Tidak Miliki SIM Hasil Sidak Wakapolres TTU
KEFAMENANU, NTTONE.COM — Wakapolres TTU, Kompol Amatus Tefa, menyidak kelengkapan kendaraan anggotanya, Kamis (2/6/2016), Hasilnya, 14 anggota tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan belasan anggota belum membayar pajak kendaraan bermotor. Kegiatan yang ...
READ MORE
Pilkada di NTT, Masyarakat Diminta Ikut Mengawasi
KUPANG, NTTONE.COM — Masyarakat NTT khususnya di sembilan daerah kabupaten yang menggelar  Pilkada pada Rabu, (9/12/2015) diminta agar ikut mengawasi jalannya pesta demokrasi itu. Hal ini disampaikan Jubir Bawaslu NTT, Jemris ...
READ MORE
Rahim Plastik Berhasil Diciptakan Ilmuwan. Begini Manfaatnya
KUPANG, NTTONE.COM — Bayi prematur masa depan mungkin tak lagi harus bertahan hidup di sebuah inkubator. Mereka akan ditempatkan di kantung plastik "ajaib". Tim peneliti dari Rumah Sakit Anak Philadelphia menciptakan ...
READ MORE
Memburu Bayi Tak Bertuan Asal Flores
Remaja Berusia 18 Tahun Ini Membuat Teori Relativitas
e-KTP yang Ada ‘Habis Masa Berlaku’ Tak Perlu
Ingin Cepat Kuasai Bahasa Asing? Terapkan Metode Ini
2 Warga NTT Tewas karena Keracunan Kepiting
Pesan Ojek ‘Online’ Gadis Ini Tak Menyangka Bertemu
Bupati TTU Penuhi Panggilan Polda NTT Terkait Dugaan
Aneh, 14 Anggota Polisi Tidak Miliki SIM Hasil
Pilkada di NTT, Masyarakat Diminta Ikut Mengawasi
Rahim Plastik Berhasil Diciptakan Ilmuwan. Begini Manfaatnya

© 2018, www.nttone.com. All rights reserved.

NTTOne.com (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook (0)

G Plus (0)