Saleh Husin Ungkap Niat Awal Jokowi Kunjungi Pulau Rote

KUPANG, NTTONE.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Jokowi dan Ibu Negara, Ny. Iriana tiba di Ba’a, Rote, Senin (8/1/2018) sore dan bermalam di pulau paling selatan di Indonesia.

Sebelumnya, pada waktu yang berbeda, Jokowi sudah melawat ke tiga pulau terluar Indonesia, yaitu Sabang, Miangas dan Merauke.

Saat berada di Rote, Jokowi menyempatkan diri menikmati keindahan Pantai Nemberala.

Dengan bersendal jepit, Jokowi menuju bibir pantai kemudian masuk laut dan membasuh muka dengan air laut.

Agenda utama Jokowi berada di Rote, yakni memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Nasional Bara JP Tahun 2018 (Barisan Relawan Jokowi Presiden).

Presiden Joko Widodo saat membasuh tangan dan muka di Pantai Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/1/2018).
Presiden Joko Widodo saat membasuh tangan dan muka di Pantai Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/1/2018). ((Fabian Januarius Kuwado))

Sebelum ke Rote, Jokowi mampir di Kota Kupang. Presiden membagikan Kartu Indonesia Pintar, memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Kupang dan menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat.

Kunjungan Jokowi ke Rote diapresiasi mantan Menteri Perindustrian yang adalah putra Rote, Saleh Husin.

Saleh Husin ikut mendampingi Jokowi selama di Rote. Ditengah kesibukannya di Jakarta, Saleh Husin menyempatkan diri demi kampung halamannya.

“Pertama apresiasi setinggi-tingginya kepada Jokowi yang meluangkan waktu berkunjung ke Rote,” ucap Saleh Husin yang menghubungi Pos Kupang.com via telepon, Selasa (9/1/2018) malam.

Saleh Husin berharap kunjungan Jokowi membawa dampak positif pembangunan ekonomi dan lainnya di Rote.

Dia menyebut salah satu dampak dari kunjungan Jokowi di Rote, yakni dengan kehadiran Jokowi di Rote pemberitaan luar biasa.

Presiden Joko Widodo saat berjalan di Pantai Nemberala, Rote Ndao, NTT, Selasa (9/1/2018).
Presiden Joko Widodo saat berjalan di Pantai Nemberala, Rote Ndao, NTT, Selasa (9/1/2018). ((Fabian Januarius Kuwado))

Dengan pemberitaan media massa, lanjut Saleh Husin, semakin banyak orang tau tentang Rote, termasuk turis mancanegara.

“Dampak industri pariwisata dengan pemberitaan masif salah satu tujuannya agar turis mengetahui Rote. Apalagi Presiden nginap di kawasan pantai Nembrala,” ujarnya.

Lebih lanjut Saleh Husin mengungkapkan awal mula ketertarikan Jokowi mengunjungi Rote.

Managing Director Sinar Mas Group ini menuturkan, ketika masih menjadi Menteri Perindustrian, pada suatu kesempatan Ia bersama Menteri PUPR dan Menteri Kesehatan mendampingi Jokowi mengunjungi Palu.

Dalam penerbangan dari Palu menuju Marowali, ketika di atas helikopter, Saleh Husin menyampaikan ke Jokowi agar mengunjungi Rote.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTT, Frans Lebu Raya berada di Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang, Selasa (9/1/2018).
Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTT, Frans Lebu Raya berada di Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang, Selasa (9/1/2018). (pos kupang/edi hayon)

“Ijin pak Presiden, bapak sudah mengunjungi ujung barat dan timur, kemarin ujung utara Miangas. Ada satu pulau paling selatan Indonesia belum dikunjungi, yaitu Pulau Rote. Saya sampaikan kayak gitu. Waktu itu pak Presiden respon, oh itu kampungnya pak Menteri. Nanti kita atur waktu,” kenang Saleh Husin.

Menurut Saleh Husin, pembiacaraan dia dan Jokowi mengenai Rote terjadi sekitar Mei 2015 atau 2016.

Jokowi akhirnya mengunjungi Rote, bertepatan dengan kegiatan Bara JP.

“Bertepatan dengan kegiatan Bara JP di Rote, beliau akhirnya mengunjungi Rote. Presiden pertama yang menginjakkan kaki di Rote,” ujarnya.

Saleh Husin menambahkan sehari sebelum berangkat ke Rote, ia bertemu Jokowi di acara kawinan anaknya pak Aksa Mahmud.

Pada kesempatan itu, Saleh Husin menyampaikan akan menjemput Jokowi saat tiba di Rote.

“Sebagai putra daerah, saya bangga sekali. Kunjungan Presiden kebanggaan sebagai putra Rote. Kunjungan ini berdampak bagi Rote,” kata Saleh Husin sembari menambahkan akan menyampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla agar mengunjungi Pulau Rote.

Presiden Jokowi meninjau kawasan bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, Selasa (9/1/2018).
Presiden Jokowi meninjau kawasan bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, Selasa (9/1/2018). (pos kupang/edi hayon)

Mantan anggota DPR RI dari Fraksi Hanura ini mengatakan, dia sempat menyampaikan kepada beberapa menteri koleganya yang ikut mendampingi Jokowi agar senantiasa memperhatikan pembangunan di Rote.

“Saya sampaikan ke menteri kolega saya, salah satunya pak Basuki (Menteri PUPR) agar menambah pembangunan jalan lintas selatan, menambah lagi embung-embung sehingga Rote tidak kekurangan air saat musim kering.”

Kepada Menteri Pendidikan, Saleh Husin meminta agar memperhatikan sarana pendidikan, termasuk pengadaan buku dan peralatan laboratorium.

“Rote harus mendapat perhatian pemerintah,” katanya. (Pos Kupang) 

Related Posts
Mahud MD Menilai Aneh, Pernyataan Ratna Sarumpaet ke Ahok
JAKARTA, NTTONE.COM — Ketua Mahkamah Konstitusi (2008-2013) Mahfud MD kaget sekaligus menganggap aneh pernyataan pegiat HAM Ratna Sarumpaet. “Loh. Aneh. Calon independen kan memang tak perlu dukungan parpol. Utk tak mendukung ...
READ MORE
Meutya Hafid
JAKARTA, NTTONE.COM — Anggota Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengapresiasi banyaknya perempuan yang terpilih menjadi Kepala Daerah pada Pilkada Serentak 9 Desember 2015 lalu. "Dari data yang saya kumpulkan ...
READ MORE
PMKRI: Kawal Kebhinekaan dari Radikalisme
JAKARTA, NTTONE.COM - Dalam rangka menjaga kebhinekaan dari ancaman radikalisme di Indonesia, Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) bersama Stundent Peace Institute (SPI), menggelar diskusi kebangsaan di ...
READ MORE
Universitas Indonesia Release Hasil Survei Pilgub NTT
KUPANG,NTTONE.COM — Laboratorium Psikologi Universitas Indonesia (UI) menyampaikan hasil survei pemilihan gubernur (Pilgub) NTT tahun 2018. Survei tentang opinion leader itu dengan tema Mencari Kandidat Gubernur Terbaik NTT 2018. Pemaparan hasil survei berlangsung di ...
READ MORE
Wow! Bocah 11 Tahun Ini Dapat Skor IQ Lebih Tinggi dari Albert Einstein dan Stephen Hawking
NTTONE.COM — “Saya tidak mempersiapkan apa-apa untuk ujian tapi saya tidak terlalu gugup”. Itulah jawaban Arnav Sharma seperti dilansir independent.co.uk. Hasilnya luar biasa. Bocah laki-laki berusia 11 tahun tersebut berhasil mendapat ...
READ MORE
Kepala Daerah di NTT Harus Peka Terhadap Kebutuhan Rakyat
KUPANG, NTTONE.COM — Pengamat Kebijakan Publik Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Dr. David BW Pandie, M.S mengatakan, kepala daerah dan wakil kepala daerah di sembilan kabupaten di NTT yang dilantik pada Rabu ...
READ MORE
Sengketa Dualisme Kosgoro dan Soksi Berujung Ricuh di Munaslub Golkar
NUSA DUA, NTTONE.COM — Sengketa dualisme kepemimpinan di dua organisasi pendiri Partai Golkar, yakni Soksi dan Kosgoro 1957, berlanjut di Munaslub Partai Golkar, Minggu (15/5/2016) malam di Nusa Dua, Bali. Sengketa itu ...
READ MORE
Viktor Laiskodat Kritik Program Gubernur NTT
WAIKABUBAK, NTTONE.COM — Bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi deklarasi di Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Rabu (24/1/2018). Di hadapan ribuan warga yang memadati lapangan Manda ...
READ MORE
Tokoh Agama Diminta Turut Awasi Dana Desa
KALABAHI, NTTONE.COM — Tokoh agama seperti para pendeta juga harus bisa mengawasi pengelolaan dana desa di wilayah pelayanan masing-masing. Selain itu juga harus mengenal pendamping yang ada di desa setempat. Hal ini disampaikan ...
READ MORE
Ahok Siapkan Ambulans Jika Politisi Gerindra Terjun dari Puncak Monas
JAKARTA, NTTONE.COM — Cuitan politisi Partai Gerindra Habibburokhman yang mengaku siap terjun bebas dari puncak Monas, jika Ahok lolos menjadi peserta pilkada dari jalur independen, mulai direspon Ahok. Ahok bersedia menyiapkan ...
READ MORE
Mahud MD Menilai Aneh, Pernyataan Ratna Sarumpaet ke
Meutya Hafid Apresiasi Perempuan Terpilih Jadi Walikota dan
PMKRI: Kawal Kebhinekaan dari Radikalisme
Universitas Indonesia Release Hasil Survei Pilgub NTT
Wow! Bocah 11 Tahun Ini Dapat Skor IQ
Kepala Daerah di NTT Harus Peka Terhadap Kebutuhan
Sengketa Dualisme Kosgoro dan Soksi Berujung Ricuh di
Viktor Laiskodat Kritik Program Gubernur NTT
Tokoh Agama Diminta Turut Awasi Dana Desa
Ahok Siapkan Ambulans Jika Politisi Gerindra Terjun dari

© 2018, www.nttone.com. All rights reserved.

NTTOne.com (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook (0)

G Plus (0)